EDUKASI PENTINGNYA PEMENUHAN GIZI PADA ANAK DALAM RANGKA MERDEKA STUNTING BAGI KADER POSYANDU BALITA DI DESA DUKUN
Kata Kunci:
anak, kader, pemenuhan gizi, merdeka stuntingAbstrak
Di Indonesia masalah gizi pada anak masih menjadi prioritas permasalahan yang perlu menjadi perhatian kita semua. Kasus stunting yang cukup tinggi menjadi gambaran bahwa pemenuhan gizi pada anak masih memprihatinkan. Usia balita (bawah lima tahun) merupakan periode emas yang perlu diperhatikan kecukupan gizinya, mengingat pada usia inilah pertumbuhan fisik, kecerdasan, mental serta emosional anak terbangun dengan sangat pesat. Disinilah peran krusial dari pemenuhan gizi seimbang bagi anak, dengan mengkonsumsi gizi yang cukup dan seimbang anak akan tumbuh dan berkembang secara optimal. Untuk itu perlu adanya peningkatan edukasi bagi kader terutama kader posyandu balita yang menjadi ujung tombak di masyarakat. Pengenalan manfaat gizi pada anak bertujuan untuk mereka memahami kandungan gizi pada makanan sehingga terjaminlah kebutuhan gizi pada anak dengan demikian anak sehat dan tumbuh secara dengan baik. Selain itu edukasi ini penting untuk kader agar kader dapat memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat tentang arti penting pemenuhan gizi dalam pengasuhan keluarga. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan metode penyuluhan tentang pemenuhan gizi pada anak dalam rangka merdeka stunting yang diperuntukkan untuk kader posyandu balita di Desa Dukun, Kabupaten Magelang sejumlah 22 orang. Dari hasil kegiatan penyuluhan tersebut dapat disimpulkan bahwa antusias para kader terhadap materi ini sangat tinggi dibuktikan banyak para kader yang mengajukan pertanyaan dan sharing terkait materi ini, Kegiatan edukasi seperti ini sangat dibutuhkan dan perlu ditingkatkan sebagai sarana peningkatan pengetahuan dan kesadaran kader akan pentingnya pemenuhan gizi pada anak.
Kata kunci: anak, kader, pemenuhan gizi, merdeka stunting
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Midiwifery Science Session
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.