Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Alat Permainan Edukatif (Ape) dengan Perkembangan Anak Usia 1-3 Tahun di PAUD Miftahul Jannah Yogyakarta
Kata Kunci:
knowledge, development, EGT, children aged 1-3 yearsAbstrak
Latar Belakang: Perkembangan anak berlangsung berkesinambungan dari konsepsi sampai remaja. Aspek-aspek perkembangan anak adalah motorik kasar, motorik halus, bahasa, dan personal sosial. Pendukung perkembangan salah satunya dengan pemberian APE, karena melalui APE anak dapat mengembangkan kemampuan setiap aspek perkembangan sesuai usianya. Ibu berperan dalam pemberian APE untuk perkembangan anak sehingga ibu harus tahu dan memahami, karena dengan pengetahuan ibu yang baik dapat mengoptimalkan perkembangan anak. Peneliti memilih PAUD Miftahul Jannah karena terdapat ibu yang belum memahami sepenuhnya tentang alat permainan yang aman dan tepat untuk anak
Tujuan Penelitian: Diketahuinya hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang APE dengan perkembangan anak usia 1-3 tahun di PAUD Miftahul Jannah.
Metode Penelitian: Menggunakan penelitian korelasional dengan rancangan cross sectional. Teknik sampling adalah totaly sampling yaitu seluruh ibu yang mempunyai anak di PAUD Miftahul Jannah sesuai kriteria inklusi dan eksklusi berjumlah 26 orang, diolah menggunakan analisis korelasi Spearman Rank (Rho) dengan α=0,05 dan tingkat kepercayaan 95%.
Hasil Penelitian: Pengetahuan ibu sebagian besar baik sebanyak 19 ibu (73,1%), perkembangan anak usia 1-3 tahun sebagian besar normal sebanyak 23 anak (88,5%). Hasil analisis korelasi nilai rho=0,664 dan nilai p-value=0,000.
Kesimpulan: Ada hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang APE dengan perkembangan anak usia 1-3 tahun di PAUD Miftahul dengan keeratan hubungan termasuk kategori kuat.
Kata Kunci: Tingkat pengetahuan, APE, perkembangan, anak usia 1-3 tahun.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Basic and Applied Medical Science Conference
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.